manfaat kurma untuk ibu hamil

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Diposting pada

manfaat kurma untuk ibu hamil

Belum banyak ibu hamil yang mengetahui manfaat kurma saat kehamilan. Padahal buah yang kaya akan nutrisi tersebut dapat mencukupi berbagai kebutuhan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh wanita selama masa kehamilan. Manfaat buah kurma telah dibuktikan untuk membantu melancarkan produksi ASI dan sudah banyak dipraktekkan sendiri bagi ibu menyusui yang berpuasa maupun tidak. Lalu, apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Memproduksi Asam Amino

Kurma kaya akan protein yang dapat membantu tubuh memproduksi asam amino. Asam amino itu sendiri merupakan unsur yang sangat penting untuk proses pertumbuhan janin di dalam rahim.

Sumber Energi

Ibu hamil memerlukan asupan energi yang lebih banyak selama proses kehamilan. Mengkonsumsi buah kurma setiap hari dapat memberikan asupan gula yang diperlukan tubuh tanpa tambahan kalori.

Mencegah Terjadinya Sembelit Selama Hamil

Sembelit merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu hamil. Buah kurma dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Kurma mengandung banyak serat sehingga dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan dapat mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Buah yang satu ini juga memiliki sifat mengenyangkan, menjaga berat badan tetap stabil, dan mengurangi kadar kolesterol.

Mencegah Janin Mengalami Cacat Lahir

Selain kaya akan protein, kurma juga kaya akan asam folat. Kandungan asam folat di dalam buah kurma sangat membantu untuk mencegah resiko cacat lahir yang dapat menyerang tulang belakang dan otak.

Membantu Pertumbuhan Tulang Bayi

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu pertumbuhan tulang pada bayi. Kurma kaya akan vitamin K. Vitamin tersebut dapat membantu proses pertumbuhan tulang pada bayi. Biasanya bayi memiliki kadar vitamin K rendah pada saat lahir. Ketika ibu hamil mengkonsumsi kurma, tubuhnya akan memiliki cukup asupan vitamin K yang dapat diserap oleh janin di dalam rahim.

Mencegah Anemia

Kurma dapat memberikan asupan fe atau zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan. Asupan zat besi yang cukup dapat mencegah ibu hamil mengalami kekurangan sel darah merah. Hal ini karena zat besi berperan penting dalam menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandung.

Menjaga Keseimbangan Air Garam

Kurma memiliki kandungan potasium yang dapat menjaga keseimbangan air garam di dalam tubuh, mencegah terjadinya kram otot, dan mengatur tekanan darah. Seseorang yang kekurangan potasium dapat beresiko mengalami masalah ginjal.

Memenuhi Kebutuhan Magnesium

Kurma mengandung potasium yang membantu menjaga formasi tulang dan gigi bayi supaya normal. Selain itu, kandungan magnesium ini juga berfungsi untuk mengatur tingkat tekanan darah dan kadar gula darah. Kurma akan membantu ibu hamil terhindar dari resiko kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan kelainan hati dan ginjal.

manfaat kurma untuk ibu hamil

Memudahkan Proses Persalinan

Kurma mendorong oksitoksin untuk proses kontraksi di rahim sehingga membuat uterus lebih sensitif. Asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh di dalam buah kurma dapat memberikan asupan energi dan memproduksi prostaglandins yang sangat dibutuhkan untuk proses persalinan. Sementara itu kandungan kalsium, serotonin, dan tanin dapat membantu kontraksi otot rahim agar proses persalinan lebih mudah.

Demikian beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil. Manfaat tersebut dapat diperoleh ketika ibu hamil makan secukupnya atau tidak berlebihan. Mengkonsumsi kurma terlalu banyak saat hamil juga dapat memberikan efek samping di antaranya adalah meningkatkan risiko diabetes gestasional, gula darah tinggi, berat badan kehamilan berlebih, dan kebersihkan gigi yang kurang. Anda dapat mengonsumsi 3 – 5 butir kurma setiap hari untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan.