Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan

Diposting pada

manfaat tape singkong

Tape merupakan salah satu jenis makanan khas negara Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal akan olahan tapenya adalah daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan beberapa daerah yang lain. Tape berasal dari hasil fermentasi makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat seperti ketan dan singkong. Pemberian nama pada tape ditentukan dari bahan baku pembuatnya. Rasanya yang manis, lembut dan juga sedikit aroma hangat yang khas membuatnya disukai banyak orang. NamunĀ  jangan salah, meskipun lezat, manfaat tape singkong bagi kesehatan pun tak bisa disepelekan.

Proses Kimia Pembuatan Tape Singkong

Bahan baku tape singkong yaitu singkong sendiri harus dimasak terlebih dulu. Setelah masak, bahan baku harus berada dalam keadaan dingin yang sempurna namun dengan proses yang normal (bukan dimasukkan lemari pendingin). Setelah dingin, singkong ditaburi dengan ragi tape secara merata. Diamkan dulu selama 2 hingga 3 hari dalam kondisi ruangan yang hangat. Akan lebih bagus hasilnya dan aroma yang dikeluarkan pun semakin menggugah selera jika menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Penggunaan daun pisang tersebut mempunyai alasan mampu menjaga suhu hangat fermentasi tape. Proses kimiawi tersebut membantu singkong menjadi lebih lunak, lembut dan juga berasa manis.

Ragi yang ditaburkan pada bahan baku pembuatan tape tersebut berisi bermacam-macam mikroorganisme yang mampu bekerja memecah gula dalam kelompok besar menjadi lebih sederhana bentuknya. Gula hasil pemecahan tersebut akan berubah menjadi alkohol yang membuat aroma tape mempunyai aroma khas yang sedikit menyengat. Kadar alkohol tersebut bergantung pada lamanya waktu penyimpanan fermentasi singkong tadi.

manfaat tape singkong

Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan

Banyak orang yang selama ini mengenal tape singkong hanya sebagai makanan khas daerah tertentu di Indonesia, padahal manfaat yang dimilikinya pun tidak sedikit untuk kesehatan. Hidangan pencuci muut ini mempunyai kandungan atau senyawa yang mampu menjadi obat untuk beberapa penyakit, berikut manfaat tape singkong untuk kesehatan Anda:

  1. Menghangatkan tubuh

Kandungan alkohol ringan dalam tape membuat orang yang mengonsumsinya merasakan suhu tubuh menjadi naik dan hangat. Sehingga bagi mereka yang merasa kondisi badannya sedang tidak fit bisa mengonsumsi tape.

  1. Menambah energi

Dikarenakan bahan baku yang digunakan adalah bahan yang mengandung karbohidrat jadi saat mengonsumsi tape juga akan membuat badan Anda berenergi.

  1. Meningkatkan daya seksual

Sumber energi dari tape juga bisa meningkatkan kemampuan seksual pasangan suami istri dan mengobati gangguan seks mereka.

  1. Sebagai obat jerawat

Mengonsumsi tape langsung tanpa memasaknya akan mengurangi dampak menumpuknya kotoran pada pori – pori yang mampu menimbulkan jerawat.

  1. Bagus sebagai program diet

Meskipun berasal dari bahan baku yang mengandung karbohidrat, lemak yang dimiliki tape mempunyai kandungan yang rendah sehingga bagus untuk dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diet.

  1. Sebagai sumber prebiotik

Dengan mengonsumsi tape maka sistem kekebalan tubuh kan meningkat dan mampu menghalau masuknya racun.

  1. Meningkatkan metabolisme

Proses fermentasi tape mampu meningkatkan produksi asam laktat dan juga prebiotik dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan kinerja sisitem pencernaan dengan membasmi semua bakteri yang mempunyai sifat perusak namun juga membantu kinerja bakteri baik untuk tubuh.

Semua jenis tape mempunyai kandungan dan juga manfaat yang sama jika dikonsumsi dalam jumlah yang dibutuhkan. Namun jika berlebihan maka akan menimbulkan dampakm lainnya. Jadi usahakan mengonsumsi sesuai kebutuhan saja agar mendapatkan manfaat tape singkong dengan maksimal.