Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan

Diposting pada

manfaat kunir putih

Kunir berwarna kuning lebih familier dan sering Anda jumpai dibanding dengan kunir berwarna putih. Namun, manfaat kunir putih untuk kesehatan pun tak bisa dibuat sepele. Dimulai dari bagian akar, daun dan minyak dari kunir putih yang bisa digunakan sebagai obat.

Sekilas Mengenai Kunir Putih

Kunir masuk dalam famili jahe – jahean. Kunir putih yang mempunyai nama latin White Tumeric atau Curcuma Zedoaria ini dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Beberapa manfaatnya termasuk sebagai antinyeri (analgesik), anti alergi, anti racun (terutama bisa ular), anti inflamasi dan obat penyakit lambung.

Itulah yang membuat masyarakat mempercayai bahwa kunir putih mampu mengobati banyak jenis penyakit mulai dari keluhan penyakit atau kesehatan seperti nyeri sendi, nyeri ulu hati, diare, sakit perut sampai depresi. Kunir putih adalah salah satu jenis kunir yang diyakini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan meski jenisnya warnanya termasuk susah ditemukan.

Tanaman yang sering ditemukan di daerah Sri Lanka, India, Jepang, Tiongkok, Nepal, Thailand dan Bangladesh tersebut sering digunakan masyarakat untuk pengobatan secara tradisional dalam mengatasi masalah muntah, dispepsia, menstruasi hingga kanker.

manfaat kunir putih

Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan

Meskipun masih terus dilakukan penelitian, kunir putih ini dipercaya mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Penjelasannya secara sekilas adalah sebagai berikut,

  • Anti Nyeri

Kunir putih diyakini mampu menjadi analgesik atau obat penghilang rasa sakit, namun untuk efek pereda nyerinya pun tergantung dari besarnya dosis yang dipakai atau digunakan.

  • Anti Bakteri dan Anti Jamur

Untuk manfaat kunir putih yang kedua ialah sebagai anti bakteri atau anti jamur yang bisa mengurangi jumlah mikroba di dalam mulut. Cara kerja dan kemampuan yang dimilikinya setara dengan obat kumur yang ada di pasaran. Selain itu juga, ekstrak yang dimiliki kunir putih juga dipercaya dapat menghambat aktivitas jamur yang ada di tubuh manusia.

  • Anti Radang

Tanaman yang mempunyai nama latin curcuma zedoaria ini juga dipercaya mampu mengatasi peradangan dan juga pembengkakan yang terjadi pada tubuh.

  • Anti Racun

Sari kunir putih juga dipercaya mampu menjadi anti racun terutama yang berasal dari bisa ular.hal itu terjadi karena kunir putih bisa menghambat aktivitas racun di tubuh mnusia.

  • Obat Sakit Lambung

Tepung yang berasal dari sari kunir putih diyakini mampu mengurangi jumlah cairan keasaman yang ada di lambung sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat lambung yang sakit. Namun untuk manfaatnya secara lebih mendalam terhadap sakit lambung masih perlu dilakukan penelitian yang lebih dalam.

  • Anti Kanker

Penyembuhan penyakit kanker bisa lebih cepat jika memanfaatkan ekstrak dari kunir putih. Kunir putih dipercaya mempunyai senyawa ethyl pmethocyvinnatate, bisdemothxycurcumin, kurkuminoid, flavonoid dan demothxycurcumin, namun untuk kinerjanya sendiri masih memerlukan penelitian yang lebih dalam.

  • Anti Oksidan

Radikal bebas yang bisa menjadi racun ditubuh bisa diatasi dengan kunir putih. Kunir putih mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi dalam menghambat radikal bebas. Selain hal tersebut, kunir putih pun mempunyai manfaat sebagai obat asma, anti rematik, obat diuretik dan gejala arthritis.

Nah, banyak sekali bukan manfaat kunir putih untuk kesehatan. Namun, meskipun banyak penjabaran seperti tadi, kunir putih tetap harus dikonsumsi sewajarnya dan sesuai dengan anjuran saat Anda konsultasi dengan dokter sebelumnya. Itu akan lebih baik saat Anda telah mengetahui kondisi kesehatan Anda sebelumnya.