Ini Dia 7 Manfaat Skipping, Tidak Hanya Sekedar Untuk Peninggi Badan Lho

Diposting pada

manfaat skipping

Skipping merupakan salah satu jenis aktivitas fisik yang cukup banyak digemari oleh para remaja. Pasalnya skipping tergolong kegiatan yang asyik dan menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, skipping juga termasuk olahraga yang ekonomis karena Anda hanya memerlukan tali untuk dapat melakukannya. Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri ketika melakukan kegiatan ini. Biasanya alasan yang paling umum adalah untuk meninggikan tubuh.

Hal ini memang tidak salah karena sudah terbukti bahwa olahraga ini dapat membantu membuat tubuh remaja lebih cepat tinggi. Selain itu, manfaat skipping sebenarnya juga masih ada banyak lagi untuk kesehatan fisik. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga skipping yang perlu Anda ketahui.

Membakar Kalori

Bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan program diet, Anda juga dapat melakukan jenis olahraga ini. Pasalnya, skipping dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh untuk setiap loncatan. Untuk satu sesi skipping yang dilakukan dalam waktu 10 menit, Anda sudah dapat membakar hingga 300 kalori. Jadi jika Anda melakukan skipping lebih lama, Anda tinggal mengalikan saja dengan lama waktu melakukan olahraga ini. Skipping mampu membakar lemak di dalam tubuh yang selanjutnya dikeluarkan bersama dengan keringat.

Membantu Pembentukan Otot

Siapa bilang bahwa pembentukan otot hanya dapat dilakukan melalui olahraga angkat beban. Skipping juga dapat menjadi aktivitas untuk membantu pembentukan otot tubuh. Otot yang terbentuk jika melakukan olahraga skipping adalah pada bagian kaki, lengan, dan perut. Tetapi untuk Anda yang baru awal melakukan kegiatan ini, Anda akan merasakan nyeri di ketiga area otot tersebut karena jaringan yang menyelimuti otot akan mekar. Anda tidak perlu khawatir atau bahkan sampai berhenti latihan. Tetap lakukan latihan dengan sesi yang lebih cepat hingga kram yang dirasakan benar-benar hilang.

Tubuh Lebih Bugar dan Lentur

Skipping memang terlihat sebagai olahraga yang monoton karena hanya loncat-loncat. Namun dibalik gerakannya yang monoton itu, skipping dapat membuat tubuh lebih bugar dan lentur. Selain itu, tidak sedikit yang mengatakan bahwa olahraga ini dapat menjadikan seseorang menjadi lebih atraktif pada rutinitas sehari-hari.

Meningkatkan Kapabilitas

Skipping mampu meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kapabilitas tubuh secara umum. Olahraga ini dapat membantu seseorang untuk menambah energi di dalam tubuh. Pasalnya olahraga tersebut dilakukan dengan mengeluarkan energi. Jadi latihan ini akan membiasakan tubuh untuk mengeluarkan energi yang ada di dalam tubuh sehingga dapat mengoptimalkan energi yang dimiliki tubuh di waktu-waktu yang lain.

manfaat skipping

Membentuk Tubuh

Manfaat skipping ini maksudnya adalah membentuk tubuh berotot di bagian tertentu. Setelah skipping, otot pada bagian kaki akan lebih kencang tetapi tetap ramping serta tidak berlemak di bagian betis. Hasilnya, kaki pun akan terlihat lebih indah. Selain itu, lengan juga akan memperoleh manfaat berupa pembentukan otot karena tangan merupakan poros berputarnya tali.

Menambah Tinggi Badan

Seperti yang telah disebutkan di awal tadi, skipping merupakan olahraga yang dapat menambah tinggi badan, khususnya bagi para remaja. Olahraga tersebut akan membantu tubuh meregang secara optimal saat melompat sehingga remaja dapat memperoleh tinggi badan yang optimal saat melakukan kegiatan ini.

Meningkatkan Fertilitas

Pola menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu masalah ringan yang terjadi pada bagian organ reproduksi wanita. Skipping ternyata merupakan olahraga yang dapat membantu memperbaiki fungsi reproduksi wanita, termasuk membantu meningkatkan fertilitas. Dengan manfaat skipping tersebut, Anda dapat mencobanya agar pola menstruasi lebih teratur.