cara mengobati bisul

Mengatasi Masalah Bisul

Diposting pada

cara mengobati bisul

Bisul adalah penyakit yang timbul di bagian kulit tubuh, mulai dari bisul yang ringan hingga yang bisul yang parah kadarnya dan sudah mengalami komplikasi. Nah untuk mendapat pengobatan yang tepat harus diketahui terlebih dahulu mengenai penyebab utama dan tingkat keparahannya secara tepat, berikut pembahasan lebih lanjut tentang cara mengobati bisul, namun perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu bisul, definisi dan gejalanya.

Bisul dan Gejalanya

Bisul ialah kondisi kulit yang mengalami benjolan infeksi berwarna merah, berisi nanah, akibat reaksi alami tubuh, darah putih yang melawan bakteri yang menimbulkan infeksi dan peradangan melalui lubang folikel tempat tumbuh rambut di kulit atau kelenjar minyak kulit. Bisul muncul biasanya pada kulit yang kotor, berkeringat dan mengalami gesekan dengan frekuensi yang cukup tinggi, yakni antara lain di area bahu, leher, wajah, pantat, paha atau ketiak juga kelopak mata.

cara mengobati bisul

Cara Mengobati Bisul

Berikut cara mengobati bisul, yang dapat ditempuh untuk dapat Anda lakukan.

  • Minum obat paracetamol guna mengatasi rasa nyeri serta demam yang biasanya menyertai sakit bisul.
  • Membersihkan area yang luka atau area sekitar tempat terjadinya bisul secara rutin, dengan menggunakan sabun antibakteria, bisul ringan yang tidak terlalu parah gejalanya biasanya dapat sembuh dengan sendirinya karena dari dalam tubuh, sel darah putih secara alami melawan serangan dari bakteri yang masuk.  Proses penyembuhan bisa dipercepat dengan asupan makanan bergizi dan vitamin C.
  • Dengan melakukan operasi kecil pada bisul oleh dokter
  • Mengompres bisul dengan air garam hangat secara rutin hingga benjolan bisul mengecil. Garam sangat bermanfaat sebagai antibakteria, sedangkan air hangatnya dapat memperlancar sirkulasi darah.
  • Dengan pengobatan alami dengan cara mengoleskan bawang putih yang dipotong melintang ke area kulit yang mengalami bisul. Bawang putih mengandung anti radang dan anti bakteria. Selain dioleskan sebagai olesan obat luar juga sebaiknya dikonsumsi sebagai makanan, guna pengobatan alami dari dalam.
  • Dengan pengobatan alami dengan cara mengoleskan bawang merah yang dipotong melintang ke area kulit yang mengalami bisul. Bawang merah pun mengandung anti radang dan anti bakteria. Selain dioleskan sebagai olesan obat luar juga sebaiknya dikonsumsi sebagai makanan, guna pengobatan alami dari dalam.
  • Dengan pengobatan alami dengan cara mengoleskan kunyit yang dipotong melintang ke area kulit yang mengalami bisul. Kunyit juga mengandung anti radang dan anti bakteria. Selain dioleskan sebagai olesan obat luar juga sebaiknya dikonsumsi sebagai makanan, guna pengobatan alami dari dalam.
  • Mengolesi bisul dengan salep antiseptik
  • Meminum tablet obat antiseptik dan obat anti peradangan atau anti inflamasi
  • Mengolesi bisul dengan minyak tawon. Minyak tawon adalah campuran dari berbagai bahan alami seperti minyak kelapa, yang mengandung vitamin E dan vitamin A, dan karena sifatnya yang mudah terserap ke dalam kulit serta dapat melembabkan kulit, lalu ada jahe yang menghangatkan dan sifatnya yang anti inflamasi, cengkeh, minyak kayu putih, daun lada, bawang juga kunyit yang mengandung antibakteria, dan rempah serta dedaunan lainnya.
  • Mengonsumsi makanan tinggi protein guna membantu proses penyembuhan dan pengeringan luka akibat bisul yang pecah.
  • Menutup area yang mengalami bisul dengan daun binahong yang telah ditumbuk atau diremas-remas hingga keluar getahnya, hingga bisul mengecil. Getah daun binahong mengandung anti bakteri sehingga dapat juga dipergunakan sebagai cara pengobatan bisul secara alami.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara mengobati bisul. Jagalah kebersihan area kulit tubuh kita, terutama ketika terjadi luka atau mengalami gigitan oleh serangga atau yang lainnya, supaya tidak timbul bisul.