jenis penyakit gatal pada kulit

Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Terjadi

Diposting pada

jenis penyakit gatal pada kulit

 

Kulit adalah bagian tubuh manusia yang paling sensitif. Kulit sangatlah penting karena dapat melindungi organ tubuh bagian dalam dari serangan dunia luar seperti bakteri, virus, dan suhu udara. karena kulit berada di bagian terluar dari tubuh, tidak jarang juga kulit dapat terserang beberapa jenis penyakit gatal pada kulit.

Masalah yang umum terjadi pada kulit adalah kemerahan, bengkak, gatal-gatal, dan lain-lain. Penyebab dari jenis penyakit gatal pada kulit antara lain dapat melalui udara, terinfeksi, dan kontak langsung dengan kulit orang lain. Masalah-masalah kulit tersebut ada yang dikatakan ringan sampai juga ada yang sangat membahayakan. Berikut adalah jenis penyakit gatal pada kulit yang sering terjadi antara lain:

  1. Cacar air

Cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin cacar air. Ciri-ciri cacar air adalah terasa gatal pada wajah, kulit kepala, atau rasa gatal pada seluruh bagian tubuh bersamaan dengan munculnya bintik-bintik berwarna merah muda pada kulit.

  1. Kudis (Skabies)

Scabies atau biasa disebut dengan kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit berupa tungau. Biasanya parasit tersebut berada di tempat-tempat yang tidak bersih, kumuh, ditambah lagi dengan kondisi tubuh yang tidak bersih. Scabies adalah jenis penyakit gatal pada kulit sehingga akan timbul rasa gatal yang sangat hebat terutama pada bagian sela-sela jari kaki dan tangan, alat kelamin, betis, dan lain-lain pada malam hari. Scabies dapat menular dengan mudah pada orang lain.

  1. Bisul

Bisul pasti sudah tidak asing bagi banyak orang. Bisul merupakan penyakit infeksi pada kulit yang dapat membentuk benjolan merah dan terus membesar disebabkan oleh infeksi bakteri. Seluruh bagian tubuh dapat dihinggapi oleh bisul, namun bagian tubuh yang paling rentan dan sering terkena bisul antara lain ketika, bokong, pada, dan juga leher. Faktor risiko pendukung terjadinya jenis penyakit gatal pada kulit ini adalah tidak menjaga kebersihan, luka yang terjadi infeksi, penyumbatan infeksi oleh kosmetik, dan pemakaian bahan-bahan kimia lainnya. sehingga kebersihan harus selalu terjaga dan tidak lupa disertai dengan asupan gizi yang baik.

jenis penyakit gatal pada kulit

 

  1. Kurap

Kurap adalah jenis penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur tersebut sangat mudah berpindah dan tertular pada orang lain. Untuk itu hindari untuk memakai barang yang sama dengan orang yang teridentifikasi kurap seperti pakaian, handuk, alat kecantikan, dan aksesoris rambut. Tidak hanya antar manusia, jamur ini juga dapat disebarkan oleh hewan. Anda harus berhati-hati dan lebih waspada pada hewan yang memiliki corak botak. Jamur pada kulit ini akan terasa sangat gatal terlebih lagi jika kondisi Anda sangat berkeringat. Kurap sangat sering terjadi pada kulit kepala dengan ciri-ciri adanya sisik di kepala dan rambut yang rontok.

  1. Kutil

Kutil disebabkan oleh infeksi virus HPV yang terjadi di lapisan paling atas dari kulit. Virus kutil dapat sangat mudah ditularkan, untuk itu sebaiknya hindari kontak fisik langsung dengan orang memiliki jenis penyakit gatal seperti kutil.

Itulah beberapa jenis penyakit gatal pada kulit yang sering terjadi pada masyarakat di Indonesia. Jika Anda merasakan ciri-ciri dari penyakit kulit tersebut segera datanglah ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar segera dapat penanganan yang tepat dan mencegah terjadi penularan.