8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Diposting pada

manfaat bawang bombay

Bawang bombay telah dikenal sebagai salah satu bahan penyedap masakan. Selain itu, bawang bombay juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Walaupun memiliki aroma yang cukup kuat, bawang bombay memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh. Bawang bombay itu sendiri merupakan makanan rendah kalori yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral.

Sekitar 10% dari kebutuhan harian vitamin B6, vitamin C, dan mangan dapat dipenuhi dengan konsumsi bawang bombay. Bahan tersebut juga mengandung folat, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, kuersetin, dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut, bahan makanan ini memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang bombay untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang bombay mengandung antioksidan kuersetin yang diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengkonsumsi bawang bombay secara langsung atau sudah dicampur dalam makanan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang bombay juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Khasiat bawang bombay diketahui dapat menjaga tekanan darah sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena bawang bombay mengandung kalium yang dapat memberikan efek penurunan tekanan darah. Salah satu jenis flavonoid yang terdapat di dalam bawang bombay yaitu kuersetin berperan untuk membantu kalium menjaga tekanan darah sekaligus meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

Kandungan kuersetin tersebut juga diketahui mampu membantu mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri yang mengurangi resiko stroke. Tetapi karena sebagian besar penelitian untuk hal ini baru difokuskan pada hewan, masih diperlukan lebih banyak studi untuk memastikan manfaat bawang bombay bagi manusia.

Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian, mengoleskan jus bawang bombay secara teratur selama 2 bulan ke kepala dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut bagi mereka yang mengalami masalah rambut rontok. Walaupun demikian, temuan mengenai hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, Anda dapat mencoba mengkonsumsi bawang bombay secara rutin dicampurkan ke dalam makanan Anda selama 2 bulan.

Mencegah Kanker

Bawang bombay mengandung banyak vitamin C yang dipercaya mampu mengatasi efek radikal bebas penyebab kanker. Menurut sebuah penelitian, bawang bombay dapat mengurangi terjadinya hiperglikemia dan resistensi insulin pada penderita kanker payudara yang menjalani perawatan kemoterapi.

manfaat bawang bombay

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, konsumsi bawang bombay dan makanan yang kaya akan vitamin C dan E selama 1 minggu mampu membantu menurunkan sistolik atau tekanan darah atas tetapi bukan diastolic atau tekanan darah bawah.

Mengatasi Gangguan Tenggorokan

Beberapa orang menyebutkan bahwa bawang bombay mempunyai kemampuan untuk mengatasi bronchitis, sakit perut, pembengkakan di mulut, dan juga tenggorokan. Kandungan kuersetin pada bawang bombay juga diketahui dapat mengendurkan otot saluran pernapasan sehingga sangat membantu dalam mengurangi gejala asma.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada bawang bombay dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Bawang bombay mengandung semacam serat khusus yaitu serat larut yang dikenal dengan sebutan oligofructose. Serat tersebut mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Serat oligofructose juga dibutuhkan untuk mencegah terjadinya diare. Sedangkan kandungan fitokimia pada bawang mampu menurunkan resiko seseorang mengembangkan tukak lambung.

Itulah beberapa manfaat bawang bombay. Dengan mengetahui manfaat tersebut, Anda tentu akan lebih bersemangat dalam mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.